Saturday, October 6, 2012

Kunci Rahasia Psikology Pasar

Ketika kita ingin terjun bermain saham Regional atau Instrument lainnya seperti, saham Internasional, commodity (emas, minyak), forex dll, selama ini yang kita focuskan adalah belajar teknikal analysis dengan Istilah-istilah teknis pada candlestick dan Indikator yang begitu banyak nama dan kombinasi yang harus kita hafalkan tanpa kita sadari bahwa sebenarnya Kunci Rahasia Market sudah kita pegang.

Honma menciptkan Candlestick agar dia dapat membaca cerminan potret psikology pasar beras di Jepang ketika sedang semangat, lesu, jenuh, bingung, dan trendline yang sedang terjadi di pasar. kemudian Para Pakar analysis menterjemahkan lagi trendline tersebut menjadi indikator, seperti leading dan lagging. 

Indikator Leading : RSI, CCI, Stocastic, W%R dan berbagai type Oscilator lainnya. Sedangkan Indkator Laging bersifat mengukur trend (trend Indikator) seperti : Bolinger Bands, Parabolic SAR, Moving Average, dan varian seperti MACD, Aligator dll. 

Anda tidak mungkin menggunakan indicator itu semuanya, bisa-bisa anda bingung, pilih indicator yang sesuai dengan gaya anda. Sebetulnya Jika kita menguasai filosofi pertempuran Bulls vs Bears di market yang tercermin pada candlestick, kita dapat mengukur kekuatan Bears/Bulls (Trendline). 
 Semangat pasukan (Psikology Market), menyusun peta pertempuran untuk merebut benteng Bears/Bulls (Support dan Resistance), Membuat strategy kapan waktu yang tepat untuk menyerang (momentum entry and exit),, mengukur perbandingan jumlah pasukan musuh (management resiko). dll, strategy-strateg lain dapat kita buat dari informasi candlestick. 

 Jika anda memahami filosofi tersebut anda tidak perlu lagi khawatir terjun ke pertempuran, karna anda sudah menguasai kunci rahasia dan menyusun strategy untuk memenangkan pertempuran di pasar.

New Posts